PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN STOK MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN STOK MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

Penulis:
Price:

Read more

Judul: PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN STOK MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)
Penulis: Irfan Ardiansah, dkk.
ISBN: 
Tebal: 94 hlm 
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS

Seiring bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan pangan---dalam hal ini adalah beras---di Indonesia semakin meningkat. Oleh sebab itu, Pemerintah membentuk suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Perum BULOG yang salah satu tujuan utamanya untuk menjaga ketercukupan pasokan beras bagi masyarakat.
Berdasarkan historical data, beberapa Perum BULOG Divisi Regional yang ada di Indonesia terkadang mengalami kekurangan atau kelebihan persediaan beras, sehingga sering dibutuhkan tindakan movement nasional atau perpindahan beras dari/ke Divisi Regional lain. Padahal kondisi semacam ini dapat menimbulkan kerugian perusahaan. Apabila persediaan terlalu banyak, maka akan menimbulkan carrying cost. Sebaliknya, apabila jumlah stok kurang, maka akan mengakibatkan keterlambatan penyaluran beras kepada konsumen, yang berdampak juga pada ketidakstabilan harga beras di masyarakat.  
Melalui metode Economic Order Quantity (EOQ) dengan pendekatan Period Order Quantity (POQ), buku ini mencoba menganalisis sekaligus menguraikan perencanaan dan pengendalian persediaan beras pada Perum BULOG. Analisis ini diharapkan dapat memberikan gambaran sekaligus masukan bagi Perum BULOG di Indonesia, khususnya  Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat dalam upaya mengendalikan persediaan beras secara optimal, baik dalam jumlah, waktu, persediaan yang tepat, maupun biaya-biaya yang dikeluarkan dalam mengelola persediaan beras.
author/ Irfan Ardiansah, dkk.

0 Reviews