Etika Bisnis

Etika Bisnis

Penulis:
Price:

Read more

Judul: ETIKA BISNIS
Penulis: Sardjana Orba Manullang
ISBN: 
Tebal: 258 hlm 
Ukuran: 15 x 23 cm
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS

Etika merupakan cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas standar moral dan penilaian, tentunya juga mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.  Disisi lain Etika Bisnis adalah aturan yang tak tertulis soal bagaimana cara menjalankan kegiatan bisnis dengan adil, serta sudah sesuai dengan hukum yang diberlakukan negara dan tidak pula tergantung pada kedudukan individu maupun perusahaannya dalam masyarakat.
Salah seorang ahli yang sangat terkenal menerangkan, Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan tentang benar dan salah dan berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis. (Velasquez: 2005).
Di dalam buku etika bisnis ini dibahas tidak hanya mengenai mengenai Etika Bisnis, namun dimulai dengan menerangkan konsep etika bisnis, apa saja Pendekatan, Peran Etika Bisnis dalam hubungan kerja dan yang cukup terpenting adalah pembahasan mengenai Tanggung jawab Sosial Perusahaan yang biasa dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu, juga ada pembahasan mengenai hal-hal yang relatif baru didalam pelaksanaan korporasi di Indonesia yaitu Good Corporate Governance (GCG). Pengertian dan dan pengenalan konsep Good Corporate Governance (GCG) di Indonesia, berkembang semenjak krisis perekonomian tahun 1997. Hal ini, sejalan dengan adanya aturan di Bursa Efek untuk mewajibkan mengangkat Komisaris Independen dan Komisi Audit, dan tentunya juga ini adalah pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas untuk perusahaan yang tercatat di bursa (go public).
Saat ini, menjadi kajian yang menarik dalam melihat kaitan antara kewajiban yang diterapkan oleh Bursa Efek untuk mewajibkan setiap perseroan yang tercatat di Bursa Efek untuk melaksanakan hubungan yang erat antara Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG). Semoga dengan hadirnya buku ini akan menambah wawasan bagi masyarakat, khususnya konsumen, buruh, atau karyawan dan para pelaku usaha demi terciptanya keadilan dalam berbisnis.



PROFIL PENULIS

author/
Sardjana Orba Manullang
Sardjana Orba Manullang menempuh pendidikan dasar Sosiologi dan Hukum di Universitas Indonesia. Sempat mendapat beasiswa bidang Management di PPM Graduate School of Management (WM 31). Sebelum mengambil doktoral bidang hukum, lulus Kenotariatan di Universitas Diponegoro dan Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran, penulis memiliki minat/pengetahuan dan pengalaman yang kuat  di bidang HKI (Hak Kekayaan Intelektual), Korporasi (perusahaan)/ Ketenagakerjaan dan Konservasi/Lingkungan. Selain sebagai pengajar bidang hukum di Universitas Krisnadwipayana, juga  berpraktek sebagai Advokat di Pasar Modal (anggota HKHPM) dan juga sebagai konsultan KI (Kekayaan Inteletual) terdaftar. 



0 Reviews