PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM: Sumbangan Para Tokoh Pendidikan Islam Melalui Gagasan, Teori, dan Aplikasi

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM: Sumbangan Para Tokoh Pendidikan Islam Melalui Gagasan, Teori, dan Aplikasi

Penulis:
Price:

Read more

Judul: PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM
ISBN: 978-623-6659-00-7
Penulis: Dr. H. Asep Ahmad Sukandar, M.M.Pd. & Dr. Muhammad Hori, M.Ag.
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS
Anggota IKAPI No 328/JBA/2018

Sistem pendidikan Islam yang mengacu pada nilai-nilai Islam telah menciptakan perbedaan yang fundamental dari sistem pendidikan pada umumnya (modern), baik dari Timur maupun Barat. Perbedaan tersebut bukan hanya karena memang sumber utamanya yang khas (Al-Quran dan Haits), namun juga karena adanya upaya dari para pemikir pendidikan Islam sejak periode klasik, pertengahan, hingga modern dalam menjaga dan berupaya mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam dunia pendidikan, karena pendidikan Islam tidak hanya sebatas menjawab kebutuhan manusia di alam fana, tetapi juga berusaha menjawab kebutuhan manusia setelah kematian. 

author/ Dr. H. Asep Ahmad Sukandar, M.M.Pd. & Dr. Muhammad Hori, M.Ag.

Dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, buku setebal 16 Bab ini hadir untuk mengupas pemikiran pendidikan Islam yang disodorkan oleh para tokoh pendidikan di zaman keemasan Islam, hingga para tokoh pendidikan Islam yang ada di Nusantara. Di dalamnya disajikan berbagai pemikiran pendidikan yang khas dan belum pernah atau bahkan tidak disodorkan oleh tokoh-tokoh pendidikan secara umum.

Hadirnya buku ini, diharapkan dapat memudahkan para pembaca untuk mempelajari dan memahami hasil pemikiran pendidikan dari para tokoh terkemuka, meskipun tanpa membaca karang asli yang ditulis oleh tiap-tiap tokoh bersangkutan. Lebih spesifiknya,  buku ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih atau bahkan pemantik bagi para praktisi pendidikan, dosen, mahasiswa, maupun pegiat literasi lainnya untuk terus memikirkan dan mengembangkan pendidikan Islam ke arah yang lebih gemilang, sehingga ia (baca: pendidikan Isam) tetap eksis dan mampu mewarnai kebudayaan manusia secara sempurna. 

Profil Penulis

Dr. H. Asep Ahmad Sukandar, M.M.Pd., merupakan ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FAI UNINUS, sekaligus sebagai Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana UNINUS. Aktif di berbagai organisasi masyarakat, antara lain: sebagai Ketua Yayasan Insan Kamil Mandiri Putera sekaligus sebagai Pengasuh Pesantren Yatim dan Dhu’afa Insan Kamil Mandiri Kota Cimahi, Bendahara LESBUMI NU PW Jawa Barat, dan beberapa organisasi lainnya.

Dr. Muhammad Hori, M.Ag., merupakan staf pengajar di beberapa Perguruan Tinggi, antara lain: di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, STAI Al-Falah Bandung, Universitas Sebelas April (UNSAP) Sumedang. Selain itu, ia juga menjabat sebagai  Wakil Ketua LPTQ UNINUS, Direktur Lembaga Tilawah dan Tahfizh Al-Quran (LTTQ) Darul Qomar Mempawah, Ketua LDNU Kab. Mempawah, dan sebagai Pengurus Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS).

2 Reviews