CERUTU INDONESIA UNTUK DUNIA - Indonesian Cigar For The World

CERUTU INDONESIA UNTUK DUNIA - Indonesian Cigar For The World

Penulis:
Price:

Read more

CERUTU INDONESIA UNTUK DUNIA - Indonesian Cigar For The World
Penulis: Yadie Dayana
Tebal: 200  halaman
Ukuran: 25 x 25
ISBN: 978-623-5466-62-0
Bicara tembakau di Indonesia, ada dua versi pengenalan tembakau dan kebiasaan menikmati tembakau di Indonesia. Pada versi pertama, tembakau serta kebiasaan menikmati tembakau dengan dibakar dan dihisap, diperkenalkan oleh Belanda pada tahun 1601, menurut Raffles' History of Java. Menurut de Candor, versi kedua menyebutkan bahwa tembakau dibawa ke Jawa oleh Belanda-Portugis pada tahun 1600. Kedua pendapat tersebut sesuai dengan keterangan dalam naskah Babad Jawa dalam Sankara bahwa tembakau masuk ke Pulau Jawa bersamaan dengan wafatnya Panembahan Senopati.

Indonesia sendiri sudah dikenal dunia lewat tembakau Na-oogst sejak tahun 1839. Ada tiga daerah di Indonesia yang dianggap memiliki tembakau kualitas dunia sebagai bahan cerutu yaitu Deli Serdang, Klaten atau biasa disebut Vorstenlanden (wilayah keraton) dan daerah Karesidenan Besuki termasuk Jember. Tembakau yang dimiliki Indonesia juga banyak diekspor ke berbagai negara, untuk diproduksi menjadi cerutu. Sehingga sudah sewajarnya, jika kita mampu membuat cerutu yang kualitasnya tidak kalah dengan cerutu manca negara.

Buku ini mengupas secara ringkas dan jelas tentang perkembangan tembakau di dunia dan Indonesia, khususnya tembakau cerutu. Selain itu, buku ini juga menjelaskan sejarah cerutu dunia dan Indonesia, serta menyebutkan bebarapa brand cerutu dunia yang terkenal.

author/Yadie Dayana

0 Reviews