PENGAWASAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

PENGAWASAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Penulis:
Price:

Read more

Judul: Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa
Penulis: Agus Suharyono, Ak., M.Ak., CA.
Tebal: 176 hlm
ISBN: 978-623-5466-29-3
Th Terbit: 2023

Besarnya dana yang dikucurkan kepada Desa tentu saja memerlukan pengawasan yang memadai agar dana yang dikelola oleh desa dapat dilakukan secara efisien, ekonomis, tepat sasaran dan tertib sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan /masyarakat desa. 
Buku ini menjelaskan bagaimana mekanisme pengelolaan keuangan desa sejak perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan serta pertanggungjawabannya. Dengan pemahaman atas pengelolaan keuangan desa maka pembaca akan dipandu untuk memahami bagaimana pengawasan yang akan dilakukan terhadap pengelolaan keuangan desa agar tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Pengawasan pengelolaan keuangan desa dimulai dari tahap perencanaan pengawasan, pelaksanaan pengawasan, pelaporan hasil pengawasan, serta tindak lanjut atas hasil pengawasan. Perencanaan pengawasan dimulai dengan penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT), penyusunan Tim Pengawasan, Penyusunan Program Kerja Pengawasan.
Buku ini juga menjelaskan secara teknis bagaimana pengawasan pengelolaan keuangan desa dilakukan baik dalam bentuk pemeriksaan, review, evaluasi maupun pemantauan/monitoring oleh APIP, camat, Badan permusyawaratan Desa, maupun masyarakat Desa. Teknis pengawasan ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana perencanaan pengawasan, pelaksanaan pengawasan, maupun penyusunan laporan hasil pengawasan dan tindak lanjutnya.




author/ Agus Suharyono, Ak., M.Ak., CA.

0 Reviews