BALUBUR-TAMANSARI KOTA BANDUNG

BALUBUR-TAMANSARI KOTA BANDUNG

Penulis:
Price:

Read more

Judul: BALUBUR-TAMANSARI KOTA BANDUNG: dalam bingkai Transformasi Kota: antara Kota Kolonial dan Kota Pendididikan
Penulis: Dr. Asep Yudi Permana
ISBN: 978-623-6157-46-6
Ukuran: 24 x 21 (Landscape)
Tebal: 164 halaman


Perkembangan hampir semua Kota di Indonesia tidak lepas dari peran sejarah terbentuknya kota itu sendiri, tak terkecuali Kota Bandung. Citra Kota Bandung sendiri tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kampung-kota dengan segala kekhasan bentuk, tatanan ruang, maupun karakteristik arsitekturalnya. Sebagai salah satu bentuk permukiman perkotaan, kawasan kampung-kota yang ada di Kota Bandung diyakini bersumber dan merupakan manifestasi dari budaya bermukim.

author/ Dr. Asep Yudi Permana Buku yang diangkat dari sebagian hasil penelitian memaparkan perkembangan Kawasan Balubur-Tamansari Kota Bandung sebagai salah satu ruang bermukim yang mengalami perkembangan dan perubahan sangat signifikan, terutama pada saat Ibukota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (sekarang Dayeuh Kolot) ke pusat Kota Bandung pada tahun 1810.

Dengan bahasa yang lugas dan gamblang, buku yang ada di tangan Anda ini memberikan gambaran secara jelas, terinci, dan mendalam tentang transformasi ruang Kawasan Balubur-Tamansari berdasarkan periodisasinya.

Baca di Google Book KLIK DI SINI

Beli Buku Cetak di TOKOPEDIA. KLIK DI SINI


Tentang Penulis

Dr. Asep Yudi Permana, dilahirkan di Sumedang pada tanggal 11 April 1969. Menyelesaikan Pendidikan Sarjana pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan FPTK IKIP Bandung tahun 1993. Mengikuti program penyegaran Pra-Pasca sarjana di program studi Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada pada tahun 1999. Pendidikan Magister dibidang Desain diperoleh di program studi Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung pada tahun 2003, serta Pendidikan Doktor pada program studi Doktor Teknik Arsitektur dan Perkotaan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2014. Pada tahun 2002 menjadi salah satu Deklarator Pembentukan Asosisasi Pendidikan Arsitektur Indonesia (APTARI).
Menulis sejumlah artikel dan buku, di antaranya: BUKU: (1) PERANCANGAN INTERIOR: Suatu pengantar dan pendekatan dalam perancangan Tata Ruang Dalam bagi mahasiswa, praktisi, dan umum, PT. AI Grasindo, Bandung, 2005; (2) NIRMANA DWIMATRA: Dasar-dasar desain dwi matra, PT. AI Grasindo, Bandung, 2005; (2) WARNA: Teori dan Kreativitas Penggunaanya (Ko-Editor), ITB Press, 2002. ARTIKEL: (1) Systematic Assessment With Post Occupancy Evaluation Method On The Redesign Results Of Office Interior After Occupied And Operated, Journal of Applied Engineering Science, 2021; (2) The Concept Of Optimal Workplace In Providing A Great Experience To Improve Work Professionalism In The Interior Design Of PLN Corporate University, Ragunan, Jakarta, International Journal of Advanced Science and Technology, 2020; (3) Architectural Tourism Development Model as Sustainable Tourism Concept in Bandung, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2020; (4) Optimization of Micro House Building Facade in Supporting The Net Zero Energy Buildings (Nze-Bs) Program for Low Cost Economics Communities in Bandung City, Indonesia, Spring Nature, 2019; (5) The Transformation of Gegerkalong Girang Area, Bandung City: amid Educative and Religious Areas, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2018; (6) The transformation of Gegerkalong Girang Area, Bandung City: amid educative and religious areas, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2018. Bekerja di Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Ketua Program Studi Magister Arsitektur – FPTK UPI periode 2020-2024. Disamping sebagai pengajar dan peneliti, juga berpraktik sebagai Arsitek dan Desain Interior Profesional, serta aktif dalam kepengurusan HDII Jawa Barat Divisi Pendidikan.



0 Reviews