DAUR HIDUP PERUSAHAAN: Masalah dan Isu

DAUR HIDUP PERUSAHAAN: Masalah dan Isu

Penulis:
Price:

Read more

Judul: DAUR HIDUP PERUSAHAAN: Masalah dan Isu
Penulis: Dr. Judith Felicia Pattiwael Irawan 
ISBN: 976-623-6659-95-3
Ukuran: 15 x 23 cm
Tebal: 110 halaman


Daur Hidup Perusahaan merupakan konsep yeng mencerminkan keputusan manajerial dalam menetapkan strategi perusahaan. 'Strategies that proved  to be effective in the past can become inappropriate in a new stage of  development, Greiner (1998).

Berbagai masalah terkait daur hidup perusahan, diantaranya mengenia definisi tahapan daur  hidup perusahaan, metode mengidentifikasi tahapan daur hidup perusahaan,  hingga faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

author/ Dr. Judith Felicia Pattiwael Irawan Terkait pola tahapan daur hidup perusahaan, ada berbagai metode. Penelitian ini menggunakan Metode Dickinson (2011) dan membandingkan temuannya dengan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang menggunakan Metode Yan & Zhou (2010)

Dalam implementasinya, dikembangkan “Metode Penyesuaian Daur Hidup Perusahaan” baik terhadap Metode Yan & Zhou (2010) maupun terhadap Metode Dickonson (2011). Dengan mempertahankan pola dasar tahapan daur hidup perusahaan, “Metode Penyesuaian” dikembangkan dengan mengklasifikasi tahapan dewasa menjadi tiga pola, yaitu tahap dewasa (maturity phase), kebertahanan fase dewasa (maturity survival phase) dan tahap kebangkitan fase dewasa (maturity revival phase). Ketiga tahapan tersebut dapat terjadi berulang dan bergantian.

Kontribusi penelitian: 1. mengembangkan metode penetapan tahapan daur hidup  perusahaan – Metode Penyesuaian; 2. mengevaluasi tahapan daur hidup perusahaan dengan menggunakan Metode Penyesuaian terhadap Yan & Zhou (2010), Metode Dickinson (2011) dan Metode Penyesuaian terhadap Dickonson (2011)
----------------------------------------------***

Penelitian bersumber dari 'Skema Fundamental' yang  didanai Direktorat Riset & Pengabdian kepada  Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan  Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi &  Pendidikan Tinggi. Saya berterima kasih atas  kepercayaan yang diberikan.

Buku Monograf ini terbagi lima bab:

Bab I. Pengantar
  • Konsep Daur Hidup Perusahaan
  • Permasalahan dalam Membangun Konsep
  • Panjang Tahap Daur Hidup Perusahaan
  • Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Tahap Daur Hidup
  • Strategi dan Daur Hidup Perusahaan
Bab II. Tinjauan Pustaka tentang Tahap Daur Hidup Perusahaan

Bab III. Metodologi
  • Metodologi Dickinson (2011)
  • Metode Penyesuaian Daur Hidup  Perusahaan 
  • Kesamaan dan Perbedaan Metode  Penyesuaian Daur Hidup 
Bab IV. Analisa Empiris
  • Evaluasi Tahap Daur Hidup Perusahaan
  • Daur Hidup Perusahaan Sektor Peralatan  Fotografi
  • Faktor Internal dan Faktor Eksternal
Bab V. Kontribusi
  • Kontribusi Ilmiah
  • Kontribusi Manajerial
  • Penelilian Selanjutnya

Tentang Penulis
Dr. Judith Felicia Pattiwael Irawan
merupakan Ketua Program Studi Pascasarjana Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan (2020). Secara bertururt- turut, sebelumnya penulis pernah menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi (2018-2019), Wakil Dekan Bidang Akademi, Fakultas Ekonomi, (2014-2017), dan Ketua Senat Fakultas Ekonomi (2013-2014), sekaligus sebagai Tenaga Pengajar Tetap pada perguruan tinggi yang sama. 

Selain aktivitas utama tersebut, penulis juga sering diundang sebagai pengisi kegiatan seminar maupun workshop, antara lain:  Orator pada Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan ke-63, dengan judul: Tantangan bagi Perguruan Tinggi dalam Menyingsing Era Digital (2018); Pembicara dalam The 6th Global Conference on Business and Social Sciences 2017 di Bangkok - Thailand, dengan judul artikel penelitian: Financial Flexibility and Firm Life Cycle (2017); Pembicara pada The 2nd International Conference on Organizational Performance Excellent (ICOPE 2017) di Bandung - Indonesia, dengan judul artikel penelitian: The Adaptability of Company’s Strategy (2017); Pembicara pada The 2nd Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship di Surabaya, dengan judul artikel penelitian: Similar Stages of Firm Life Cycle  (2017); dan beberapa kegiatan lainnya, baik yang besifat nasional maupun internasional.

Di sela-sela kesibukannya tersebut,  penulis juga aktif mendedikasikan dirinya dalam program pengabdian kepada masyarakat. Misalnya dalam Porgram Kampung Berseri ASTRA 2019-2020 di Desa Cipeundey, Purwakarta; Pelatihan dan Pendampingan untuk UKM dalam Program SCORE UNPAR; Memberi Pelatihan Metodologi Penelitian kepada Guru Sekolah Menegah Atas Trinitas Bandung;  Mengembangkan Program Kerja bagi Komunitas di Area Konservasi Taman Hutan Raya Ir. Haji Djuanda Bandung; dan sebagainya.

0 Reviews