PRAKTIK LITIGASI PERADILAN PIDANA

PRAKTIK LITIGASI PERADILAN PIDANA

Penulis:
Price:

Read more

Judul: Praktik Litigasi Peradilan Pidana: Buku Ajar 
Penulis: Firman Wijaya & I Gusti Agung Ngurah Agung
ISBN: 978-623-6659-89-2
Tebal: 140 hlm 
Ukuran: 15 x 23 cm
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS

Buku ini membahas tentang lembaga peradilan dan pengadilan yang ada di Indonesia mulai dari tingkat pertama atau pengadilan Negeri (Judex factie) sampai pada lembaga peradilan tingkat Mahkamah Agung (judex jurit) sarat dengan penyimpangan yang secara akademis ilmiah dan konstitusional bertentangan dengan nurani hukum. Kondisi tersebut jelas terbukti dengan banyaknya proses peradilan dan perilaku Yudisial yang secara kasat mata ditunjukkan oleh para penegak hukum itu sendiri yang tidak mengaktualisasikan pada nilai-nilai kebenaran, keadilan kemanfaatan bagi masyarakat, yang muncul justru kepentingan individual mereka. 
Proses peradilan yang absurd dengan maraknya perilaku yudisial yang legal disorder, sehingga melahirkan putusan-putusan pengadilan yang kontroversial dan menyimpang dari substansi hukum telah memporak-porandakan sistem hukum yang ada di negara hukum Indonesia ini. Putusan Pengadilan yang kontroversial tersebut, tidak lepas dari adanya praktik-praktik “jahat” dari penegak dalam rangka menyelesaikan perkara pidana, yang justru lebih jahat dari kejahatan yang diadili. 

author/ 
Firman Wijaya & I Gusti Agung Ngurah Agung 
Oleh karena itu di dalam buku ini akan dibahas terkait dengan persiapan berkas pemeriksaan, proses penyelidikan dan penyidikan, proses penuntuan perkara, proses pemeriksaan perkara, alat bukti dan barang bukti dan upaya hukum.






TENTANG PENULIS

Firman Wijaya, lahir di Probolinggo pada 12 Februari 1969, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara pada Tahun 1992 dan kemudian menyelesaikan S2 di Fakultas Hukum Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Jakarta pada tahun 2006 dan Doktor Ilmu Hukum diperoleh dari Universitas Krisnadwipayana tahun 2015. Saat ini sebagai Dosen di Universitas Tarumanegara dan Universitas Krisnadwipayana untuk mata kuliah-mata kuliah Tindak Pidana Khusus, Hukum Acara Pidana, dan Tindak Pidana Ekonomi. Kemudian selain menjadi dosen juga menjadi Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia. Pendiri Badan Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Kontruksi Indonesia (BADAPSKI), dan Ketua Umum PERADIN (Persatuan Advokat Indonesia) Masa Bhakti 2018-2022. 

I Gusti Agung Ngurah Agung, lahir di  Karangasem, Bali, 2 Nopember 1964, menyelesaikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Udayana Denpasar tahun 1988 dan di Universitas Dwijendra Denpasar, kemudian menyelesaikan S2 Magister Ilmu Hukum di Universitas Warmadewa Denpasar Tahun 2010 menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Hukum S3 di Universitas Krisnadwipayana Jakarta, Tahun 2020. Pekerjaannya saat ini adalah sebagai Pengacara di Kantor ANA dan Partner di Jakarta, kemudian sebagai Ketua Saba Desa di Desa Adat Dude, Selat, Karangasem, menjabat juga sebagai Dewan Pakar FBN (Forum Bela Negara) Bali dan Dewan Penasehat HAMI (Himpunan Advokat Muda Indonesia) Bali.

0 Reviews