TEORI HUKUM

TEORI HUKUM

Author:
Price:

Read more

Judul: TEORI HUKUM
Penulis: Gunawan Nachrawi & I Gusti Agung Ngurah Agung
ISBN: 978-623-6659-55-7
Tebal: ix + 154 hlm
Ukuran: 15cm X 23cm
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS

Pemikiran tentang teori hukum tidak terlepas dari keadaan lingkungan dan latar belakang permasalahan hukum atau menggugat suatu pikiran hukum yang dominan pada saat itu. Pemikiran tentang teori hukum adalah akumulasi keresahan maupun sebuah jawaban dari masalah kemasyarakatan yang dihadapi oleh generasi pada saat itu. Tentunya akan terdapat pola dari paradigma yang berbeda dalam menjawab permasalahan yang memang lahir dari struktur dan sistem sosial yang sangat berbeda. Ini tidak lain teori dan paradigma hukum yang lahir merupakan hasil pemikiran korektif dan reflektif dari kondisi tempat masyarakat di mana para tokoh yang hidup tersebut melontarkan gagasannya, sehingga terdapat beberapa aliran-aliran teori hukum yang hingga saat ini dapat diaplikasikan di dalam kehidupan masyarakat dan untuk mengkaji permasalahan-permasalah yang terjadi saat ini. author/ Gunawan Nachrawi & I Gusti Agung Ngurah Agung Oleh karena itu, di dalam buku ini diulas mengenai aliran teori hukum, perkembangan dan pemikiran teori hukum serta tiga landasan teori hukum yaitu Teori Hukum Pembangunan, Teori Hukum Progresi, dan Teori Hukum Integratif.


Gunawan Nachrawi, lahir di Pamekasan, 22 Juni 1961. Memperoleh gelar sarjana Fakultas Hukum pada Universitas Surabaya (1985), kemudian Magister Ilmu Hukum di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM”Jakarta (2002) dan Program Doktor Ilmu Hukum di Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta (2020). Saat ini mengajar sebagai Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM” Jakarta. Jabatan yang pernah diduduki sebagai Manager di PT. Kerta Niaga (1990-1999), Manager Hukum Personalia di PT. Dharma Niaga (Persero) (2000), dan General Affair & Legal Counsel di PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) (2003).

I Gusti Agung Ngurah Agung, lahir di  Karangasem, Bali, 2 Nopember 1964, menyelesaikan S1 di Fakultas Pendidikan MIPA Universitas Udayana dan Fakultas Hukum Universitas Dwijendra Denpasar, kemudian menyelesaikan S2 Magister Ilmu Hukum di Universitas Warmadewa Denpasar. Saat ini sedang menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Hukum S3 Promovendus di Universitas Krisnadwipayana, Jakarta. Pekerjaannya saat ini sebagai Pengacara, Auditor, Mediator dan Kurator di Kantor (Agung Ngurah Agung) ANA dan Partner di daerah Kuningan Jakarta, kemudian sebagai Ketua Saba Desa di Desa Adat Dude, Selat, Karangasem, menjabat juga sebagai Dewan Pakar FBN (Forum Bela Negara) Bali dan Dewan Penasehat HAMI (Himpunan Advokat Muda Indonesia) Bali.

0 Reviews