RETHINKING PERAN PEREMPUAN DAN KEADILAN GENDER

RETHINKING PERAN PEREMPUAN DAN KEADILAN GENDER

Author:
Price:

Read more

Judul: RETHINKING PERAN PEREMPUAN DAN KEADILAN GENDER
Penulis: Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag.
Editor: Dr. Limas Dodi, M.Hum.
ISBN: 978-623-6659-75-5
Tebal: 308 hlm
Ukuran: 15 X 23 cm
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS

Perbedaan laki-laki dan perempuan, baik dari segi substansi kejadian maupun peran yang diemban dalam masyarakat, telah menimbulkan perdebatan dan diskusi yang cukup panjang bahkan masih menyimpan masalah. Perbedaan jenis kelamin secara biologis (seks) ini telah melahirkan interpretasi budaya, yang kemudian dikenal dengan istilah gender.

author/ Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag.Berbicara gender, fakta empiris memperlihatkan bahwa perempuan adalah phak yang lebih banyak mendapatkan bentuk-bentuk ketidakadilan gender, semisal berupa marginalisasi perempuan, penempatan perempuan pada subordinasi, stereotype (pelabelan), kekerasan (violence) terhadap perempuan, dan beragam kasus lainnya yang sering kita dengar.

Buku ini hadir mengajak pembacanya “berwisata”, untuk memikirkan kembali (rethinking) emansipasi kaum wanita, dalam hubungannya dengan partisipasi kebangsaan dan dinamika masyarakat. Karena bagaimanapun, permasalahan gender ini sangat mempengaruhi pembangunan suatu negara. Harapannya, tentu saja agar perjuangan kesetaraan gender di Indonesia segera dapat direalisasikan, dalam rangka membangun tatanan sosial yang lebih berkeadilan.




Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag., adalah seorang doktor Antropologi Agama, dan dosen tetap di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia. Penulis ditasbihkan sebagai pakar di bidang Antropologi Agama oleh IAIN Kediri. 

Pria kelahiran Blitar ini,  dikukuhkan sebagai Doktor Ilmu Sosial (spesifikasi Budaya Spiritual Islam Jawa-UNMER Malang). Bukan hanya skop nasional, setelah meraih gelar Doktor, penulis menyelesiakan pendidikan luar negeri di berbagai perguruan tinggi terkenal seperti Scool Manajemen University Singapore tahun 2012, Turky Fatih University tahun 2013, Yalarajabat University Thailand tahun 2014, Madinah University tahun 2016, Kolej University antarbangsa Selangor tahun 2017, dan Tohoku University Jepang tahun 2018.


0 Reviews