Sistem Transportasi Cerdas dalam Konsep Smart City

Sistem Transportasi Cerdas dalam Konsep Smart City

Penulis:
Price:

Read more



Judul: Sistem Transportasi Cerdas dalam Konsep Smart City

ISBN: 978-623-6659-17-5
Penulis: Dr. Agus Budi Purwantoro, M.T.
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS
Anggota IKAPI 
No 328/JBA/2018

author/ Dr. Agus Budi Purwantoro, M.T.
Strategi dalam mengelola kota agar tetap dalam kondisi berkelanjutan adalah dengan menerapkan konsep Smart City. Salah satu kebijakan yang mendukung keberhasilan Smart City di Indonesia adalah kebijakan Transportasi Cerdas (Smart Transportation), yakni kebijakan di bidang transportasi dalam rangka mengantisipasi perubahan karakteristik mobilitas di berbagai daerah, tak terkecuali wilayah pinggiran Indonesia.

Buku yang merupakan hasil riset ini menyuguhkan instrumen keberhasilan kebijakan transportasi dalam mengantisipasi peningkatan frekuensi perjalanan, perluasan distribusi perjalanan, dan perubahan dalam pilihan moda transportasi. Instrumen tersebut diharapkan dapat menjadi acuan, khususnya bagi para pemangku kebijakan, arsitektur, dan pelaksana pembangunan, dalam upaya menciptakan sistem transportasi cerdas yang berkelanjutan, sehingga konsep Smart City di Indonesia benar-benar dapat diwujudkan.


Profil Penulis

Dr. Agus Budi Purwantoro, M.T., merupakan Dosen pada Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan di Tegal, dengan mengampu Mata Kulaih: Desain Perlengkapan Jalan, Perencanaan Angkutan Umum, Inspeksi Keselamatan Jalan dan Audit Keselamatan Jalan, serta beberapa mata kuliah lainnya. Penelitian penting yang dihasilkan yaitu Smart Mobility For Rural Areas: Effect Of Transport Policy And Practice, IJSTR, Volume 8, ISSUE 11, NOVEMBER 2019, ISSN 2277-8616. Pengabdian kepada masyarakat antara lain melalui Penyusunan Dokumen ANDLALIN (Analisis Dampak Lalu Lintas) di berbagai perusahaan nasional.

0 Reviews