MANAJEMEN PENDIDIKAN KONTEMPORER

MANAJEMEN PENDIDIKAN KONTEMPORER

Author:
Price:

Read more

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KONTEMPORER
ISBN: 978-623-7438-94-6
Penulis: Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag.
Editor: Dr. Limas Dodi, M.Hum.
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS
Anggota IKAPI No 328/JBA/2018

Indonesia pernah dihadapkan pada situasi yang rumit, dimana konsep kolonialis menubuh ke dalam dunia pendidikan, khususnya bidang manajemen. Kemudian muncul model manajemen pendidikan liberalis sosialis, yang mendewakan sikap otoriterisme. Baru kemudian pada tahun 1994, Indonesia berhasil merombak kurikulum ke arah yang lebih cerah. Pemusatan total pada peserta didik diperluas dengan memasukkan unsur muatan lokal sebagai pendekatan. Pendidikan yang mulanya sentralistik, diubah menjadi desentralistik. 
author/ Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag.

Dari sini, kemudian bergemuruh pendidikan berbasis kearifan lokal. Otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan dipandang sebagai kabar baik. Setiap daerah memperkenalkan budayanya melalui pembelajaran. Potensi lokal dikembangkan, diintegrasikan, dan diinternalisasikan ke dalam proses pembelajaran. Daerah terpinggirkan menjadi produktif, kebudayaan daerah yang tenggelam hidup kembali, adat istiadat pun banyak diungkap. Akhirnya manajemen pendidikan Indonesia bergeser ke arah pengembangan kearifan lokal.

Dengan sajian-sajian menarik dilengkapi studi lapangan sebagai bukti sampelnya, buku ini hadir sebagai obor bagi manajemen pendidikan di negeri ini. Beragam pola menajemen pendidikan kontemporer dibahas dalam buku ini, mulai dari pendekatan manajemen pendidikan yang berbasis pada karakter, budaya, hingga kearifan lokal. 

Sudah saatnya pendidikan di Indonesia menjadi media penyelamat bangsa dengan mencetak generasi yang berkarakter dan dapat mengembangkan potensi kearifan lokal di daerahnya.

PROFIL PENULIS

Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag., merupakan Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Kediri, setelah pada periode sebelumnya (2014-2018) dipercaya memegang peran penting sebagai Wakil Ketua STAIN (sekarang IAIN) Kediri. 
Selain itu, penulis juga aktif menjadi pemateri pada kegiatan-kegiatan seminar dan workshop, baik tingkat nasional maupun internasional, di samping mengabdikan dirinya kepada masyarakat umum melalui kegiatan-kegiatan penyuluhan dan kajian di masjid-masjid dan majelis ta’lim, 

0 Reviews