Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam

Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam

Author:
Price:

Read more


Judul: Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Wacana Lokal
           hingga Tatanan Global
ISBN: 978-623-7438-95-3
Penulis: Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd., 
H. Odik Sodikin, M.Pd.,
              Ari Kurniawan, M.Pd. Adang Haris, M.Pd., dkk.
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS
Anggota IKAPI No 328/JBA/2018

Pemikiran pendidikan Islam merupakan suatu rangkaian proses kerja akal dan qalbu yang dilakukan dengan penuh kesunguhan untuk melihat ragam persoalan yang ada dalam pendidikan Islam. Kemudian  berupaya membangun sebuah paradigma yang mampu menjadi wahana bagi pembinaan dan pengembangan peserta didik secara paripurna. Peserta didik yang mampu mengarungi arus globalisasi tanpa kehilangan jati dirinya sebagai muslim dan/atau muslimah serta bangsa Indonesia.

author/ Prof. Dr. H. Dedi Mulyasana, M.Pd., H. Odik Sodikin, M.Pd.Ari Kurniawan, M.Pd. Adang Haris, M.Pd., dkk.

Buku yang merupakan kumpulan artikel ilmiah yang pernah diseminarkan di APIUM Malaysia (Akademi Pengajian Islam University of Malaya) tahun 2018 ini adalah bagian dari ikhtiar penulis untuk menjelaskan beragam pemikiran dalam upaya menginternalisasikan pendidikan Islam dari berbagai sudut pandang. Harapannya agar konstruk pemikiran pendidikan Islam berwawasan masa depan dapat diarahkan pada peningkatan kemampuan habituasi terhadap kehidupan kontemporer, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran Islam.

Oleh sebab itu, pendidikan Islam dalam perspektif  budaya lokal, era global, serta beberapa strategi pembelajaran era industri menjadi concern dalam pembahasan buku ini.  Kajian tentang Islam Nusantara juga tidak luput dalam pembahasan buku ini, karena Islam Nusantara terkait erat dengan pendidikan Islam yang mengakomodasi kearifan lokal (local wisdom). Dengan kata lain, ia merupakan indigenisasi, kontekstualisasi, dan interpretasi terhadap ajaran serta nilai-nilai Islam yang universal, yang sesuai dengan realitas sosio-kultural bangsa Indonesia.


0 Reviews