DETOKSIFIKASI ZAT ANTINUTRISI FORBOL ESTER DAN NILAI GIZI Jatropha curcas L.

DETOKSIFIKASI ZAT ANTINUTRISI FORBOL ESTER DAN NILAI GIZI Jatropha curcas L.

Author:
Price:

Read more


Judul: DETOKSIFIKASI ZAT ANTINUTRISI FORBOL ESTER & NILAI GIZI Jatropha curcas L.
Penulis: Dr. Hj. Tuti Kurniati, M.Pd.
ISBN: 978-623-7438-81-6

Keanekaragaman hayati Indonesia bukan hanya berpotensi dalam swasembada pangan, namun juga menjadi eksportir agroindustri. Keberadaan agroindustri tidak terlepas dari melimpahnya limbah organik padat, seperti pada industri pengolahan minyak Jatropha curcas L. akan menghasilkan bahan ikutan berupa bungkil biji Jatropha curcas L. Banyaknya bungkil biji Jatropha curcas L. sebesar 20% dari produksi buah Jatropha curcas L. merupakan limbah yang cukup berpotensi sebagai sumber pakan. 

author/ Dr. Hj. Tuti Kurniati, M.Pd.Senyawa yang sangat toksik adalah forbol ester, sehingga upaya pertama yang harus dilakukan dalam meningkatkan nilai tambah bungkil biji Jatropha curcas L. yaitu dengan menghilangkan (detoksifikasi) senyawa forbol ester. Detoksifikasi terhadap senyawa forbol ester juga mengurangi senyawa-senyawa antinutrisi lainnya. 

Buku ini memaparkan tentang karakteristik dari tanaman Jatropha curcas L. serta detoksifikasi kandungan forbol ester di dalam bungkil biji Jatropha curcas L yang bersifat racun mematikan, tidak hanya dilakukan secara kimiawi tetapi bisa juga dilakukan secara biologi oleh kapang baik tunggal maupun konsorsiumnya.

0 Reviews