KONSTRUKSI EPISTEMOLOGI TOLERANSI DI PESANTREN

KONSTRUKSI EPISTEMOLOGI TOLERANSI DI PESANTREN

Author:
Price:

Read more


Judul: KONSTRUKSI EPISTEMOLOGI TOLERANSI DI PESANTREN
ISBN: 978-623-7438-63-2
Penulis: Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag.
Editor:  Moch. Muwaffiqillah, M.Fil.I dan  Dr. Limas Dodi, M.Hum.
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS
Anggota IKAPI No 328/JBA/2018

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang multikultural, terdiri dari berbagai macam etnis, budaya, agama dan aliran yang berbeda-beda. Perbedaan akan menjadi indah jika di dalamnya  terdapat toleransi antara satu dengan yang lain. Upaya pengembangan toleransi di Indonesia telah dilakukan oleh banyak pihak baik melalui pendidikan maupun kegiatan lain di masyarakat.

author/ Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag.

Dalam dunia pendidikan, pengembangan toleransi juga tampak di pesantren. Pesantren merupakan lembaga yang toleran, yang mengajarkan moderasi dan budaya damai  Pesantren merupakan salah satu lembaga yang dapat menjadi bagian bagi pengembangan pandangan dan sikap yang toleran di negeri ini. 

Buku ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk menjelaskan moderasi dan toleransi di pesantren. Pesantren yang menjadi concern dalam pembahasan buku ini adalah pesantren yang ‘terafiliasi’ dengan Nahdlatul Ulama. Kajian ini membahas pesantren, antara lain, karena belakangan ini pesantren semakin mendapatkan perhatian yang begitu besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

PROFIL PENULIS

Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag., merupakan dosen yang bertugas di IAIN Kediri Jawa Timur. Penulis menyelesaikan Program Pascasarjana (S-2) pada tahun 2001 dan Program Doktoral (S-3) pada tahun 2007 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pria kelahiran Lamongan ini telah banyak menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku dan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

0 Reviews