Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif

Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif

Author:
Price:

Read more

Judul: Analisis Kebijakan Pendidikan
ISBN: 978-602-51920-9-8
Penulis:  Dr. Arwildayanto, M.Pd.; Dr. Arifin Suking, M.Pd.; dan Dr. Warni Tune Sumar, M.Pd.
Penerbit: CV CENDEKIA PRESS
Anggota IKAPI No 328/JBA/2018


Buku Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif ini merupakan bagian dari keluaran (output) penelitian yang penulis lakukan pada tahun 2018, yakni dengan berjudul Efektivitas Kebijakan Prodira, kontribusinya terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di Provinsi Gorontalo. Buku ajar berbasis riset ini direncanakan dan disusun bersentuhan, beririsan dengan materi perkuliahan agar selalu menghadirkan materi-materi perkuliahan yang relevan dengan kondisi lingkungan sendiri, isu-isu terkini, dan kebijakan yang diambil bagi pihak-pihak terkait.

author/Dr. Arwildayanto, M.Pd., Dr. Arifin Suking, M.Pd., & Dr. Warni Tune Sumar, S.Pd., M.Pd.
Pokok bahasan buku ini sendiri mengupas secara teoretis konsep analisis kebijakan pendidikan, isu dan analisis masalah kebijakan pendidikan, perumusan, pengesahan, implementasi, monitoring, evaluasi kebijakan pendidikan, metodologi kebijakan pendidikan, dan praktik kebijakan pendidikan yang sudah dilakukan lembaga pendidikan sebagai bentuk best practice bagi aktor-aktor pendidikan untuk berbagai success story.





PROFIL PENULIS

Dr. Arwildayanto, M.Pd., menyelesaikan   pendidikan S1 Jurusan Administrasi Pendidikan  FIP IKIP Padang 1998, S2 di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) 2001, S3 di Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2011. Pengalaman kerja dimulai dari menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) LPPN Padang, STIA Pagaruyung di Batusangkar sejak tahun 1998-2001, Kepala sekolah Menengah Umum (SMU) Plus Keolahragaan Pagaruyung  di  Batusangkar  Tahun  1999,  Staf  Ahli  Anggota  Komisi X DPR-RI 2004-2008, tahun dosen Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dari tahun 2008 sampai sekarang. Sejak tahun 20014 sampai sekarang diberikan tugas tambahan sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ilmu Pendidikan UNG.

Dr. Arifin Suking, M.Pd. Pendidikan doktor bidang Manajemen Pendidikan diraihnya pada Universitas Negeri Malang (UM). Saat ini beliau menduduki jabatan sebagai Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Disamping itu aktif dalam berbagai organisasi profesi, seperti Asosiasi Program Studi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI), Ikatan Sarjan Manajemen /Administrasi Pendidikan Indonesia (ISMAPI). 

Dr. Warni Tune Sumar, S.Pd., M.Pd. Pada tahun 2007, ia bergabung dengan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia. Minat penelitiannya saat ini meliputi kebijakan  pendidikan,  kepemimpinan, perencanaan strategis, manajemen pendidikan dan pengembangan organisasi, Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan, Program Pendidikan untuk Rakyat (PRODIRA, Akselarasi Pemerataan dan Peningkatan Jenjang Layanan Pendidikan di Provinsi Gorontalo. Dia adalah anggota Asosiasi Pendidikan Manajemen dan Administrasi Indonesia (IMAEA-ISMaPI). Dia telah menulis 6 buku  dan  lebih dari  20 artikel,  bab  dan  laporan  di jurnal  nasional  dan internasional.
 

0 Reviews