Selamat Datang di Website Penerbit Cendekia Press - Terus Berupaya Memberikan yang Terbaik

Cek "Penerbit Bohongan" yang Suka Mengeluarkan ISBN Palsu


Geliat dunia penerbit indie saat ini sudah semakin banyak. Namun di antara sekian banyak “penerbit indie tersebut” ternyata  ada juga penerbit yang suka memalsukan nomor ISBN demi menjerat para penulis agar mau menerbitkan bukunya pada “penerbit abal-abal” bersangkutan.
Mengapa penerbit semacam itu tidak mengajukan ISBN ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia  (PNRI)?  Mungkin saja karena penerbit tersebut belum memenuhi syarat atau alasan lainnya.
Agar terhindar dari memperoleh ISBN palsu, maka solusi pertma yang bisa dilakukan adalah mengecek VALIDITAS penerbit di PNRI dengan cara sebagai berikut.
1. Kunjungi situs http://isbn.perpusnas.go.id/ (ISBN Perpustakaan Nasional Republik Indonesia).
2. Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan kolom (status validasi penerbit online) seperti tampak pada gambar yang dilingkari berikut.
3. Masukan nama penerbit yang ingin dicari. Misalnya Cendekia Press. Kemudian Klik lambang/icon search (berupa kaca pembesar di samping kolom tersebut). Bila nama penerbit muncul dan ada tulisan Validasi OK, maka penerbit tersebut sudah terdaftar di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan memiliki reputasi baik. Misalnya sebagaimana contoh berikut.

6. Bila nama penerbit tidak ada, dengan munculnya tulisan “data tidak ditemukan berarti penerbit yang dicari boleh jadi  penerbit yang tidak valid yang bisa saja mengeluarkan ISBN Palsu. 

7. Jika kondisinya seperti dicontohkan pada poin enam, maka keputusan akhir ada di tangan calon-calon penulis. Apakah melanjutkan aktivitas kepenulisan atau tidak?
(Contoh: kita masukan nama Pustaka Baitul Ummah).

Itulah cara mengetahui apakah Anda bekerja sama dengan “Penerbit Beneran” atau “Penerbit Bohongan”. Semoga bermanfaat***

--------------------------------------------------------------
Apakah Anda sedang mencari penerbit indie?