Mengenal Self Publishing

Istilah Self Publishing di dunia penerbitan dikenal juga dengan sebutan Penerbitan Mandiri. Istilah ini merupakan salah satu cara untuk menerbitkan buku yang dilakukan oleh "penulis sendiri." Diterbitkan sendiri bukan berarti semuanya dikerjakan sendiri, namun dalam arti bahwa buku yang diterbitkan tersebut tanpa bantuan penerbit mayor (major publisher) atau disebut juga penerbit konvensional.

Hal ini berarti bahwa penulis memiliki posisi bukan hanya pangarang/penulis buku, tapi juga sebagai penerbit yang memiliki tanggung jawab penuh atas semua proses penerbitan bukunya. Di mana kita tahu bahwa proses penerbitan buku itu meliputi penulisan naskah, melakukan tata letak/layout, membuat ilustrasi dan desain sampul buku, mengurus ISBN, mencetak buku, menenentukan harga buku, sampai dengan memasarkan dan mendistribusikan bukunya. 

Apabila proses-proses tersebut tidak bisa dikerjakan oleh penulis sendiri, maka umumnya penulis menggunakan bantuan individu atau lembaga jasa yang bisa mengerjakan sebagian atau bahkan semua proses penerbitan tersebut. Dalam hal ini, Cendekia Press hadir untuk memberikan layanan jasa pracetak sekaligus penerbitan buku, baik sebagian ataupun seluruhnya.