Welcome to Cendekia Press Website >>>>>>> Our Goal is to Refer You to a Self Publishing Partner

Keterkaitan Pengetahuan dan Seni

Pengetahuan dan Kesenian merupakan dua unsur yang bisa saling melengkapi. Keduanya bisa menjadi hal yang teramat penting bagi setiap manusia. Pengetahuan akan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap akal manusia, sementara seni bisa berkontribusi positif terhadap jiwa.

Oleh sebab itu, pengetahuan dan
seni hendaknya selalu didorong untuk saling belajar. Mkasudnya, bahwa di satu sisi, pengetahuan perlu belajar dari seni agar temuannya dapat diterapkan di dunia secara efektif. Sementara di sisi lain, seni perlu belajar dari ilmu pengetahuan agar proses kreatifnya mampu menjangkau dimensi-dimensi kehidupan yang lebih mendasar.

Dr. G. R. Lono Lastoro Simatupang, M.A. pernah menyebutkan bahwa: "Seni tidak akan pernah mampu mengubah dunia secara sendirian karena seni pada hakikatnya merupakan proses mediasi yang terikat ruang dan waktu.”

Dengan demikian, proses penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencapai peningkatan martabat manusia tidak akan berjalan lancar tanpa pelibatan dimensi artistik sebagai pengarah ketertarikan dan pengalaman manusia.

Secara umum, pengetahuan sendiri biasanya berasal dari bacaan, semisal buku dan sebagainya. Sementara seni biasanya lebih cenderung berasal dari pemikiran-pemikiran tenteng suatu hal yang artistik yang kemudian diwujudkan dalam sebuah tindakan pentas.