Welcome to Cendekia Press Website >>>>>>> Our Goal is to Refer You to a Self Publishing Partner

SOFTWARE YANG HARUS DIPELAJARI PENULIS BUKU

Artikel ini ditulis untuk menambah wawasan dalam teknik menulis naskah buku dengan software yang tepat, kemudian bisa meningkatkan nilai jual naskah tersebut. Kebanyakan penulis senior, penulis muda, dan penulis pemula, sudah bisa dipastikan software yang digunakan untuk membuat naskahnya menggunakan MS. Word. Program yang dikeluarkan oleh Mircrosoft ini sangat bisa diandalkan mengingat fungsinya sangat cocok untuk para penulis. Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau penulis menggunakan software selain MS. Word yang lebih bagus, dan bisa mempermudah kepada bab settingnya sehingga terlihat profesional. Software yang dimaksud tersebut ialah Adobe Indesign, yang dikeluarkan oleh Adobe System yang kehebatan agenda ini tidak perlu diragukan lagi. Kenapa penulis harus menggunakan agenda ini? Jika penulis/pengarang sudah terbiasa menggunakan agenda Adobe Indesign ini maka, hasilnya akan lebih menarik, alasannya ialah naskah yang ditulisnya eksklusif menjadi simulasi sebuah buku.

Alasan kenapa agenda Adobe Indesign ini harus dipelajari oleh penulis atau pengarang dalam menulis bukunya, alasannya ialah agenda ini sangat mendukung untuk acara mereka dalam menulis sehingga hasil balasannya maksimal. Selain itu, hampir semua percetakan dan penerbitan di Dunia menggunakan agenda tersebut untuk proses layout buku dan yang lainnya. Untuk bisa menggunakan software Adobe Indesign ini perlu membiasakan diri alasannya ialah teknik dan cara menggunakan agenda ini berbeda dengan menggunakan agenda MS. Word. Tetapi sekarang berbagai tutorial yang bisa dipelajari oleh penulis untuk memulai mencar ilmu bagaimana cara menggunakan agenda ini baik dalam bentuk konten atau video yang bisa di download di internet. 

Keuntungan seorang penulis kalau dapat menggunakan software Adobe Indesign ini maka, selain menjadi pengarang, penulis juga sekaligus merangkap menjadi layouter dan setter. Jika itu terjadi, maka bisa dibayangkan dengan kemampuan menulisnya dan dilengkapi dengan kepiawaian dalam melayout dan mengatur tata latak sehingga gambar dan bahan yang disajikan akan menjadi sangat relevan dengan bahan yang ditulisnya. Hasil simpulan yang akan didapat dari penulis tersebut ialah kualitas naskah dari sisi tampilan, agenda yang digunakan, penyajian bahan yang disajikan sangat relevan dan interaktif.