Welcome to Cendekia Press Website >>>>>>> Our Goal is to Refer You to a Self Publishing Partner

7 TIPS CARA MENULIS ARTIKEL BERKUALITAS

Kata sebagian orang membuat artikel itu tidak gampang atau sulit. Jika membuat artikel itu dianggap sulit, namun bukan berarti tidak mampu dipelajari. Semua orang mampu berguru menulis artikel yang baik dengan mengetahui dasar-dasar menulis dan teknik menulis. Jika Anda berniat ingin menjadi seorang penulis penulis buku, penulis artikel untuk blog/website, dan penulis artikel untuk kepentingan tertentu, tentunya Anda harus tahu cara menulis artikel yang baik dan menarik. Untuk membuat dan menghasilkan artikel yang baik tersebut, harus dimulai menulis dengan teliti, kreatif, dan memunculkan ide-ide yang brilian wacana artikel yang sedang ditulis.

Untuk mempercepat berguru menulis, Anda harus sering latihan menulis dan juga rajin membaca. Dengan rajin menulis dan membaca, Anda akan terbiasa menulis juga wawasan Anda akan bertambah luas. Ada beberapa tips menulis yang mampu Anda baca.

1. Tema atau Topik yang Menarik

Seberapa penting tema atau topik artikel yang Anda tulis? Tentunya sangat penting alasannya yaitu semua orang jikalau ingin membeli buku atau membaca sebuah artikel, pertama yang dilihat yaitu judul buku atau judul artikel. Pilihlah tema atau topik artikel yang sedang hit atau trend. Dengan demikian, akan banyak pembaca mencari informasi yang Anda tulis sehingga bukan tidak mungkin artikel yang Anda tulis menjadi bermanfaat bagi orang lain.

2. Isi Artikel harus Bermanfaat untuk Pembaca

Kualitas isi artikel harus diperhatikan dengan baik dan teliti, oleh alasannya yaitu itu, bahan artikel harus valid dan relevan dengan fakta yang sebenarnya. Relevansi artikel yang baik akan membuat pembaca semakin percaya dengan artikel dan website Anda. Jika pembaca sudah percaya dengan artikel yang Anda tulis, maka mungkin saja artikel Anda akan menjadi sumber rujukan bagi pembaca.

3. Penggunaan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dimengerti/Dipahami

Bahasa yaitu komponen yang sangat penting dikala Anda menulis sebuah artikel atau buku. Tahukah Anda, bahwa artikel yang baik mampu dilihat dari bahasa yang digunakannya. Apakah artikel tersebut mudah dipahami atau tidak. Gunakanlah artikel yang sederhana, ringan, dan mudah dipahami oleh semua kalangan pembaca. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan istilah bahasa absurd yang mungkin saja belum banyak dikenal oleh semua pembaca. Jika harus menggunakan istilah bahasa asing, Anda harus memperlihatkan penjelasan mengenai istilah tersebut. Satu lagi, bahasa yang tidak bertele-tele (singkat, padat, dan mudah dipahami) akan banyak disukai oleh pembaca.

4. Mulai dengan Menggunakan Kalimat yang Membuat Orang Penasaran

Dalam menulis Anda juga perlu taktik diluar teknik menulis pada umumnya. Strategi yang mampu digunakan yaitu tulislah di awal kalimat artikel yang mampu menarik pembaca sehingga pembaca menjadi penasaran. Dengan demikian, pembaca akan membaca semua artikel dari awal hingga selesai.

5. Penyajian Artikel haru Rapih

Jika artikel yang Anda tulis disajikan dengan rapi, maka pembaca akan semakin senang alasannya yaitu artikelnya semakin mudah dibaca. Rekomendasi: Anda mampu melihat dari buku atau majalah cara menyajikan artikel yang baik.

6. Bahasa Penutup

Tidak harus selalu menggunakan bahasa penutup, tetapi, bahasa penutup mampu menambah nilai plus untuk nilai artikel yang Anda tulis. Hanya sebagai seran, jangan lupa tulis kesimpulan dan rujukan rujukan goresan pena Anda dengan artikel terkait dari sumber lain atau berikan daftar pustaka untuk buku.

7. Gunakan Gambar/Image

Gunakan gambar sebagai ilustrasi jikalau diharapkan oleh artikel tersebut. Gambar yang akan digunakan harus relevan dengan bahan artikel. Lebih diutaman artikel milik sendiri dan hindari copy paste jangan lupa ditulis sumbernya.

Demikian artikel hari ini, mudah-mudah mampu bermanfaat dan jangan henti-hentinya Anda terus berkarya dan gunakan ide-ide Anda sehingga goresan pena Anda menjadi tepat dan semakin menarik.