6 TIPS BELAJAR MENULIS DENGAN CEPAT

Belajar apapun berawal dari kemauan dan niat, ini yaitu sebuah motivasi untuk belajar. Pada dasarnya insan itu tidak ada yang ndeso melainkan malas. Banyak sekali orang berpendapat bahwa belajar menulis itu sulit dan membosankan. Tetapi menurutku tidak begitu, bahkan sebaliknya menulis itu yaitu pekerjaan yang sangat menyenangkan.


Perlu kekuatan niat untuk belajar menulis alasannya semua itu akan terjadi bila kita benar-benar mau mencar ilmu dan mau bisa. Pertama yang perlu dilakukan sebelum mencar ilmu menulis yaitu mengucapkan pada diri sendiri bahwa saya yakin bisa. Ada terori, ketika kita menyebutkan bisa, maka yakin Anda akan bisa. Belajar menulis merupakan hal yang sangat nyata dan menyenangkan ketika cara belajarnya sudah benar.

6 Tips balajar menulis menjadi menyenangkan, dan yakin Anda pun akan cepat bisa.

1. Action, jangan hanya niat untuk belajar menulis, tetapi lakukan dan lakukan step by step. Belajar menulis diharapkan kesabar dan ketekunan untuk bisa dan lancar menulis sebuah buku atau artikel tertentu. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu coba menulis dari hal yang Anda tahu, contohnya menulis pengalaman, hoby, atau profesi Anda.

2. Tidak perlu khawatir tentang kualitas tulisan Anda, terus saja menulis dan anggap saja hasil goresan pena Anda itu khsusus untuk diri Anda sendiri. Dengan demikian Anda tidak pernah merasa ragu tetapi yang akan Anda lakukan yaitu menulis dan menulis. Usahakan ketika menulis yaitu asli hasil Anda sendiri sehingga Anda bisa besar hati terhadap goresan pena tersebut.

3. Anda harus paham, bahwa hasil karya tulis itu merupakan sebuah kebanggan bagi penulisnya, terlebih bisa memperlihatkan info pada masyarakat banyak. Oleh alasannya itu, untuk menjadi seorang penulis yang handa, sebaiknya ketika belajar menulis buatlah goresan pena perihal cerpen “Cerita Pendek.

4. Akan ada sedikit kendala ketika Anda memulai menulis yaitu kata-kata pertama yang akan ditulis. Tetapi tidak perlu khawatir, Anda jangan ragu tulis saja kalimat yang ada di pikiran Anda ketika itu dengan kalem dan tanpa beban. Kalimat pertama yang Anda tulis merupakan pandangan gres dan gagasan awal untuk kalimat berikutnya. SO, pasti Anda bisa mengedit kalimat pertama setelah beberapa kalimat yang sudah Anda tulis. Tidak ada alasan untuk mengatakan tidak bisa menulis, alasannya menulis yaitu pekerjaan yang menyenangkan.

5. Jika Anda sudah mulai serius menekuni sebagai penulis pemula, tentunya Anda harus mencoba menulis dengan serius. Coba Anda buat sebuah tema tulisan, kemudian susunlah garis-garis besar terkait dengan tema goresan pena yang akan dibuat. Kumpulkan data-data yang relevan dengan tema goresan pena tersebut sebagai materi dan acuan ketika Anda sedang menulis. Tidak perlu ragu-ragu dan takut salah, silahkan kembangkan goresan pena tersebut dari sudut pandang Anda dan yang lain.

6. Untuk mendukung kemampuan menulis Anda, yaitu wawasan yang luas dengan cara banyak membaca. Membaca yaitu sumber kunci dari pengetahuan dan buku yaitu sumber dari ilmu pengetahuan. Semakin Anda banyak membaca buku, maka di ketika yang bersamaan pengetahuan dan kata-kata sitilah yang gres akan Anda ketahui sebagai acuan ketika menulis buku atau artikel web. Kemudian, semakin banyak berlatih menulis dan didukung dengan banyak membaca, maka kemampuan Anda akan semakin meningkat.